WAKTU BELAJAR DARI RUMAH KEMBALI DIPERPANJANG

Tampilan halaman depan Aplikasi E-Learning
(Humas MTsN 4 Bombana)--- Masa belajar dirumah selama masa tanggap darurat covid-19 kembali diperpanjang. Hal ini berdasarkan penyampaian Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Bombana Musaidah, S.IP melalui pesan singkat di WAG Dikmad Bombana siang tadi, Selasa (21/04/2020).
Berdasarkan penyampaian tersebut maka waktu belajar dirumah yang semula akan berakhir per tanggal 21 April 2020 diperpanjang hingga tanggal  13 Mei 2020. Dengan demikian seluruh aktifitas belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bombana (MTsN 4 Bombana) akan kembali dilaksanakan mulai tanggal 14 Mei 2020. Hal ini diambil dalam rangka mendukung langkah pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
Namun, sebagaimana yang telah berjalan dan dimulai sejak akhir Maret yang lalu, bahwa selama diliburkannya Madrasah atau dihentikannya semua aktifitas dan Proses Belajar Mengajar di lingkungan Madrasah, Guru tetap melaksanakan proses mengajar jarak jauh dan memberikan tugas kepada siswa dari rumah baik secara Daring maupun secara Luring, dan seluruh Siswa MTsN 4 Bombana tetap dapat mengikuti dan belajar dari rumah secara daring dengan memanfaatkan Aplikasi E-Learning Madrasahyang telah disiapkan dan dapat diakses melalui http://e-learning.mtsn4bombana.sch.id/ Muhamad Asbar, S. Pd, MM selaku Kepala MTsN 4 Bombana berharap dengan pemberlakuan proses belajar dari rumah yang dilaksanakan ini dapat benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh siswa dengan sebaik mungkin dan bisa fokus dalam mengikuti menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru masing-masing mata pelajaran, juga mampu menghindarkan dari penularan wabah covid-19 yang sedang merebak. Beliau juga berharap agar seluruh siswa dapat mematuhi anjuran untuk tetap berada dirumah dan mengurangi aktifitas yang tidak penting diluar rumah, kecuali hal yang benar-benar penting dan mendesak. "Saya berharap dengan pemberlakuan belajar dirumah yang dilaksanakan ini, siswa bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan bisa fokus mengikuti dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh masing-masing guru, semoga dengan ini mampu menghindarkan kita dari tertular wabah covid-19 yang sedang merebak," ujarnya. "Saya juga sangat mengharapkan agar seluruh siswa dapat mematuhi anjuran untuk tetap berada dirumah dan mengurangi aktifitas yang tidak penting diluar rumah, kecuali hal yang benar-benar penting dan mendesak," sambungnya.
Selanjutnya Muhamad asbar menyampaikan pesan dan menghimbau agar seluruh warga Madrasah untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan rajin mencuci tangan dan gunakan Hand Sanitizer, perbanyak makanan bernutrisi dan mengandung vitamin C, hindari kerumunan dan jaga jarak interaksi sosial, dan senantiasa menggunakan masker saat berada dilingkungan terbuka serta tidak lupa untuk terus berdo'a kepada Allah SWT.

UAMBN-BK Berakhir, Kepala MTsN 4 Bombana: Semoga Hasil Yang Diperoleh Siswa Memuaskan

Kepala MTsN 4 Bombana saat memberikan pengarahan kepada peserta ujian sebelum memasuki ruang ujian
(Humas MTsN 4 Bombana)--- Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Bombana yang diikuti sebanyak 73 peserta, masing-masing 39 peserta laki-laki dan 34 peserta perempuan yang juga dilaksanakan serentak diseluruh indonesia memasuki hari terakhir hari ini Rabu, (18/3/2020).
Kepala MTsN 4 Bombana Muhamad Asbar, menyampaikan kesyukurannya, selama pelaksanaan UAMBN BK yang dimulai sejak Senin, 16 Maret sampai memasuki hari ke tiga hari ini yang juga merupakan hari terakhir berjalan aman, tertib dan lancar meski dilaksanakan ditengah kekhawatiran merebaknya wabah Covid-19.
“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur karena selama pelaksanaan UAMBN BK yang dilaksanakan selama tiga hari ini ditengah kekhawatiran kita dengan merebaknya wabah Covid-19 dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar tanpa ada kendala apapun,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Muhamad Asbar juga berharap hasil yang diperoleh siswa memuaskan, dalam arti siswa bisa mendapatkan nilai tinggi sesuai yang diharapan.
“Saya berharap semoga hasil yang diperoleh siswa memuaskan, bisa mendapatkan nilai maksimal sesuai yang diharapkan,” harapnya.
Sebelumnya, dalam apel pagi sebelum peserta memasuki Ruang Ujian Muhamad asbar selaku Kepala MTsN 4 Bombana juga menyampaikan dalam rangka pencegahan Covid-19 diminta kepada seluruh peserta ujian agar tetap menjaga kesehatan, menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan seperti membiasakan mencuci tangan, mengurangi kegiatan diluar rumah dan tetap fokus belajar, karena setelah Ujian UAMBN BK ini berakhir maka akan dilanjutkan pula dengan Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) yang akan dilaksanakan mulai besok Kamis, 19 s/d 26 Maret 2020 mendatang.

Kepala MTsN 4 Bombana Memantau Simulasi UAMBN-BK

Kepala MTsN 4 Bombana saat memantau simulasi
Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bombana Muhamad Asbar, S. Pd, MM didampingi Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Darlia, S. Ag, memantau pelaksanaan Simulasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) yang dilaksanakan sejak pukul 07:30 Wita, jum’at (01/11/2019). Dalam kesempatan ini Muhamad Asbar, S. Pd, MM selaku Kepala Madrasah menyampaikan agar siswa dapat memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin, karena kegiatan simulasi ini tidak hanya untuk memperkenalkan kepada siswa tentang penggunaan komputer (CBT) dalam proses pelaksanaan ujian nantinya tapi juga untuk mengasah kemampuan awal siswa sebelum pelaksanaan ujian utama. “Saya berharap pelaksanaan simulasi ini siswa sekalian dapat memanfaatkan kesempatan ini tidak saja untuk mengenal perangkat CBT yang digunakan tapi juga bisa serius dalam menjawab soal agar bisa mengasah kemampuan kalian sebelum pelaksanaan ujian utama nanti” Ujarnya. Beliau juga berharap dengan pelaksanaan simulasi ini siswa benar-benar mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan Ujian Utama yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang. Demikian pula diharapkan kepada Guru yang mengampu Mata Pelajaran yang diujikan agar dapat lebih meningkatkan lagi kemampuan siswa melalui proses pembelajaran di kelas disisa waktu yang ada sebelum pelaksanaan Ujian utama. Sementara itu salah satu peserta yang ditemui Muh. Syahrizal Akbar Nur mengatakan jika dirinya sangat bersemangat dan mengaku senang dengan adanya simulasi ini, karena menurutnya ini sangat bagus untuk bisa mengenal dan mengetahui cara penggunaan peralatan komputer yang digunakan saat  ujian nanti. Juga bisa sedikit mendapatkan bayangan bentuk soal yang kemungkinan muncul pada saat ujian utama. “Saya senang sekali karena diadakan simulasi ini karena saya bisa belajar dan tau cara menggunakan peralatan komputer ynag akan digunakan pada saat ujian nanti, bahkan saya sudah bisa mendapat bayangan contoh bentuk soal yang kemungkinan muncul nanti” Katanya. Simulasi ini berjalan sebanyak 3 (Tiga) sesi dibantu satu orang Proktor dan Satu orang Teknisi yang telah ditunjuk, masing-masing adalah Bapak Selamat Djamin (proktor) dan Abdul Arvan, S. Pd (Teknisi) dan kegiatan ini rencananya akan berakhir pada pukul 14:30 Wita.